Tuesday, April 29, 2014

Puluhan Warga Ikut Pembuatan Alat Peraga Edukatif

Platmerah.co.id | Slawi, Jawa Tengah – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tegal Jawa Tengah melalui Kelompok Kerja (Pokja) II menyelenggarakan pelatihan pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) berupa Kotak Multiguna, Boneka Kupu-Kupu, Boneka dalam bentuk Orang, Papan Absen, Papan Hitung, Papan Baca dengan gambar dan Bentuk daun beserta ukurannya. Para peserta terdiri dari Ketua Pokja II TP PKK Kecamatan sebanyak 18 orang dan dari 2 (dua) desa binaan PKK kecamatan, dengan demikian peserta pelatihan APE ini diikuti oleh 54 orang.

Ketua TP. PKK Kabupaten Tegal Ny. Nurlaelah Enthus Susmono mengatakan, Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas seseorang. Karena peserta akan semakin terasah kemampuan visi dan karyanya. Membuat sesuatu yang tidak terpakai menjadi sesuatu yang bernilai, tentu akan menjadi hal yang luar biasa.
“ Diharapkan keterampilan membuat APE ini nantinya juga dapat diajarkan kepada anggota dan warga masyarakat yang ada di desanya,” Jelasnya saat Pembukaan Pelatihan Pokja II di Gedung PKK Kab Tegal, senin (28/4) kemarin.

Pelatihan APE ini juga dimaksudkan untuk mewujudkan manusia Indonesia sebagai insan lingkungan yang memiliki sikap perilaku melindungi dan membina lingkungan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Menurut Ita Firdaus, SE selaku Ketua Pokja II PKK Kabupaten Tegal dalam laporannya menyampaikan, pelatihan APE kali ini yang menjadi Trainernya adalah Ny. Noersiamtinsyah, Ama. Pada awal pelatihan dijelaskan oleh Noersiamtinsyah tentang apakah APE itu, mengapa harus APE dan lain sebagainya, sehingga peserta benar-benar paham mengenai manfaat dari APE tersebut. Pelatihan APE ini, para peserta diberi penjelasan bagaimana cara membuat APE, dan pada bagian akhir pelatihan peserta langsung praktek membuat APE. Sedangkan bahan-bahan yang digunakan pada pelatihan kali ini, menurut Ita berasal dari sesuatu yang tidak digunakan lagi, misal, kardus bekas, kertas asturo, kertas lipat, lem, lidi, kain flannel, kain pwerca, gunting, bola kecil, cutter dan daun jati.

Dijelaskan oleh Noersiamtinsyah, manfaat kotak multiguna dapat digunakan untuk pengembangan bahasa, kognitif, fisik, sosial emosional dan nilai-nilai agama, sedangkan cara bermain hanya dengan diputar. Demikian pula boneka Kupu-Kupu dan boneka bentuk orang, bermanfaat dapat mengembangkan imajinasi dan melatih bahasa pada anak saat bercerita, dan dimainkan dengan cara dipegang langsung pada saat bercerita. Selanjutnya, Noersiamtinsyah juga menjelaskan manfaat papan absen, papan hitung, papan baca dengan gambar, serta bentuk daun dan ukurannya.

“ Dengan adanya pelatihan APE ini, saya harapkan dapat memberikan pembelajaran kepada anak menjadi lebih efektif dan efisien, dengan menggunakan media atau sumber belajar yang menarik minat anak, mendesain bahan ilmiah, sehingga tidak membosankan dalam proses pembelajaran ini. Dan yang tidak kalah pentingnya, kegiatan ini dapat meningkatkan perkembangan imajinasi anak,” Pungkasnya.(Wahid/PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih