Friday, April 25, 2014

Brebes Gelar Pelaksanaan Upacara hari Otonomi Daerah Ke-18

Platmerah.co.id | Brebes, Jawa Tengah - Indonesia merupakan negara kesatuan dengan entitas pemerintahan daerah yang sangat masif, dimana saat ini terdapat 539 daerah otonom yang terdiri dari 34 provinsi, 412 kabupaten dan 93 kota. 

Disamping itu, dengan kondisi geografis kepulauan dan jumlah penduduk terbesar keempat• didunia secara alamiah membentuk keanekaragaman budaya, adat istiadat, agama, dan kepercayaan, Indonesia semakin menjadi perhatian di mata dunia. 

“ Untuk itu penyelenggara pemerintahan senantiasa dituntut dapat melaksanakan tugasnya secara responsif dan bijak, apapun pendekatan yang digunakan di negeri tercinta ini,” Jelas Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang dibacakan oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE pada Upacara Hari Otonomi Daerah ke-XVIII di halaman kantor Bupati Brebes, Jum’at (25/04). 

Pada prinsipnya penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia diarahkan untuk rnencapai kepentingan dan tujuan nasional yakni melindungi segenap bangsa' Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serla melaksanakan ketertiban dunia. 

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang terdesentralisasi dengan Presiden sebagai pemegang kekuasaan pemerintahan. 

Pendekatan ini diambil oleh para pendiri bangsa mengingat begitu luasnya Negara Indonesia, sehingga urusan pemerintahan tidak bisa dijalankan sendiri oleh Presiden dan dengan demikian negara mendistribusikan kewenangan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan kepada pemerintahan daerah provinsi, kabupaten dan kata yang disebut juga sebagai daerah otonom. 

Hal ini tersirat dalam Pasal 18, 18A dan 18B Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Turut hadir, Wakil Bupati Brebes Narjo, Setda, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati Kepala SKPD, jajaran Forkompinda Kabupaten Brebes di ikuti oleh PNS, Dishubkominfo, Satpol PP dan Linmas.(Wahid/PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih