Tuesday, April 29, 2014

PT BA Bantu Pengerasan Jalan Warga Bukit Agung

“Warga Sempat Menutup Akses Jalan Tembus, Menuju Perumahan Bara Lestari”


Platmerah.co.id I Tanjung Enim,SUMSEL – PT Bukit Asam (PTBA) Persero Tbk Tanjung Enim memastikan akan membantu pengerasan jalan warga Bukit Agung RT 4 Desa Keban Agung Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim. Setelah sebelumnya, sejumlah warga sempat menutup badan jalan sepanjang 450 meter tersebut yang tembus ke perumahan warga relokasi atas dapur (Asdas) Bara Lestari. Lantaran warga setempat menuding, rusaknya jalan milik warga itu disebabkan oleh seringnya dilewati kendaraan warga dari Perumahan Bara Lestari. Namun, Senin (28/4) kemarin pihak PTBA yang diwakili oleh anggota Tim panitia relokasi warga Atas Dapur Kelurahan Pasar Tanjung Enim langsung terjun kelapangan untuk melakukan pendekatan kepada warga setempat. Setelah disepakati kedua belah pihak, akhirnya jalan yang sebelumnya di portal dapat dibuka kembali.


Nur Joko, salah satu anggota tim relokasi dari PTBA mengatakan, sebelumnya Ia telah mendapatkan informasi bahwa warga melakukan protes kepada PTBA dengan memortal jalan tembus menuju Perumahan Bara Lestari. Kata Joko, warga setempat meminta kepada PTBA untuk memperbaiki jalan rusak, karena diduga disebabkan oleh banyaknya warga Perumahan yang melintasi jalan utama warga Bukit Agung RT 4 tersebut.


“Hari ini (kemarin;red), kita datang menemui warga RT 4 Bukit Agung untuk silahturahmi dan menanyakan keluhan mereka. Setelah mereka menjelaskan keluhannya, kita perbaiki jalan ini mulai besok (29/4),”kata Joko dengan nada ramah ,didampingi Sugandi ketika ditemui media on line platmerah.co.id dilokasi kemarin.


Joko menambahkan, nanti setelah selesai diperbaiki jalan tersebut dapat digunakan juga oleh masyarakat di Perumahan Bara Lestari dengan nyaman.


“Nanti jalan ini kita beri nama “Jalan Sosial Pendidikan”, karena jalan ini paling mudah digunakan warga menuju sekolah dan pasar. Anak-anak yang tinggal di Perumahan bisa bersekolah di SD dekat sini,”jelas Joko menambahkan.


Sementara itu, Irianto (52), Warga RT 4 Bukit Agung yang ikut dalam aksi penutupan jalan akses tembus Perumahan Bara Lestari menuturkan kepada reporter radio ini bahwa aksi tersebut sebagai bentuk protes warga kepada PTBA, karena setelah setelah Perumahan Bara Lestari tersebut mulai diisi, banyak warga yang melewati jalan alternatif diwilayahnya tersebut.


“Sebenarnya kami tidak akan menutup jalan tersebut, bahkan kami mempersilahkan jalan ini untuk dilewati asalkan dibagusi. Sebelumnya jalan ini tidak ada masalah, tetapi semenjak banyak yang lewat menjadi rusak, apalagi waktu hujan turun menjadi berlumpur dan susah untuk dilewati kendaraan warga. Namun sekarang kami senang, PTBA akan melakukan pengerasan jalan sehingga masyarakat dapat enak lewat jalan disini,”terang Irianto didampingi Ketua lingkungan RT 4 Tasinar (50).


Berdasarkan pantauan langsung wartawan media on line platmerah di lokasi jalan menuju komplek perumahan warga relokasi atas dapur (Bara Lestari) saat ini bisa di tempuh melalui dua jalan,yakni pertama warga bisa melalui jalan utama dengan melewati komplek perumnas BTN Air Paku,lalu langsung menuju ke arah barak dan satu nya lagi warga bisa melalui jalan alternatif dari jalan lintas tengah sumatera (jalan rayabaturaja),lalu belok kiri ke arah Bukit Agung RT 4,Desa Keban Agung. Meski dari 2 pilihan jalan tersebut saat ini kondisinya sama rusaknya,karena masih berupa tanah merah dan berlumpur,akibat hujan dan banyak dilalui ojek areng maupun kendaraan truck pengangkut batubara rakyat. Akibat rusaknya akses jalan menuju ke lokasi , wartawan media on line ini dan awak media lainnya sampai harus berjibaku dengan lumpur yang menghadang laju kendaraan roda dua nya.(Aldo-PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih