Saturday, April 19, 2014

Hadapi Anomali Cuaca, Keswan Kekurangan Personil



Platmerahnews.co.id │ Sarolangun, Jambi - Peternakan merupakan sub sektor pertanian yang cukup memberi andil besar dalam memenuhi kebutuhan gizi masyarakat terutama protein hewan yang sangat berguna untuk kesehatan maupun kecerdasan otak. Protein hewani yang dimaksud disini adalah yang di dapatkan dari daging sapi. Namun ketersediaan daging sapi di dalam negeri cukup terbatas di karenakan rendahnya populasi sapi yang dimiliki oleh para peternak sapi. akibat munculnya berbagai macam penyakit yang cukup meresahkan para peternak, sedangkan biaya pengobatannya pun cukup mahal. penyebab penyakit pada ternak khususnya sapi potong ada 3 penyebab penyakit pada ternak secara umum, yaitu: 1. Parasite 2. Bakteri  3.  Virus .

Timbulnya penyakit tersebut akibat anomali cuaca sangat memungkinkan tumbuhnya parasit darah yang dapat membahayakan.  Seperti Cacing parasit darah bisa tumbuh di lahan yang becek dan air yang diminum sapi. Antisipasi dari Permasalahan Tersebut di jawab oleh Keswan Diskannak Kabupaten Sarolangun.

Saat diwawancara Platmerahnews.co.id mengenai Kejadian berkemungkinan bisa saja terjadi di Kabupaten Sarolangun, dr.h Endang Supriadi membenarkan jenis penyakit hewan seperti parasite darah,cacing yang dapat menyerang sapi mengingat penyakit tersebut kerab melanda peternak sari potong di Indonesia.

 “ Penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian pada sapi seperti parasit darah,cacingan.jumlah cacing yang berkembang dalam perut oper kapasitas,kita menyarankan kepada petani pada cuaca (ekstrem)  musim hujan  tidak melepaskan ternaknya,dan makanan ternak perlu disiapkan agar nitrisi tetap terjaga begitu juga kesehatannya “.Saran Keswan Diskannak Kabupaten Sarolangun. 

Saat disinggung mengenai kesehatan rumah potong serta personil Dokter Hewan yang ada di kabupaten Sarolangun berjumlah 5 orang untuk melayani kesehatan sapi bahkan jenis ternak lainnya.
 “ Untuk rumah Potong kita secara countinue melakukan pengawasan,namun kita akuai kita kekurangan personil hanya 5 orang dokter hewan yang ada di Kabupaten sarolangun “.Pungkas Endang mengakui.
Reporter │ Nal – Platmerahnews.com  

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih