Tuesday, April 7, 2015

Napi Yang Keluar Jangan Merasa Terkucilkan Dan Putus Asa

Plat Merah | Brebes, Jateng - Orang-orang narapidana (napi) jangan merasa terkucil ketika sudah keluar dari lembaga pemasyarakatan (Lapas). Pasalnya sebagai manusia mempunyai hak asasi yang sama dan berhak pula untuk berbuat yang terbaik untuk dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat.
 
“ Manusia dijamin pasal 3 ayat 3 Undang-undang Nomor 39 tahun 1993 tentang HAM. Bahwa setiap orang berhak atas perlindungan hak asasi manusia dan kebebasan dasar manusia tanpa diskriminasi,” Kata dosen UPS Tegal Siswanto SH MH saat menyampaikan sosialisasi dan desiminasi Hak Asasi Manusia (HAM) di Lapas Brebes, Selasa (31/3/2015).
 
Dikatakan, dalam Lapas saja, Narapidana memiliki hak, apalagi setelah bebas. Jadi jangan sampai minder justru harus memiliki tekad yang kuat untuk membaktikan diri kepada keluarga, agama, bangsa dan Negara.
 
Didalam pasal 14 UU No 12 tahun 1995 tentang Pemasyarakatan, narapidana antara lain berhak untuk melakukan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaannya. Mendapatkan perawatan rohani dan jasmani, pendidikan dan pengajaran, pelayanan kesehatan dan makanan yang layak, menyampaikan keluhan,
 
Juga berhak mendapatkan bahan bacaan dan mengikuti siaran media massa lainnya yang tidak dilarang, mendapatkan upah atau premi atas pekerjaan yang dilakukan, menerima kunjungan keluarga, penasihat hokum atau orang tertentu lainnya.
 
Disamping itu berhak mendapatkan remisi, asimilasi dan cuti mengunjungi keluarga, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas dan hak-hak lainnya sesuai dengan yang peraturan perundangan yang berlaku.
 
Hal senada disampaikan Iwan Gunawan SH dari Pengadilan Negeri Brebes yang menegaskan bahwa Warga Binaan Lapas Brebes yang berlatar belakang dari berbagai kasus, agar tidak mengulang kembali perbuatannya dan siap kembali ke kancah masyarakat.
 
Sosialisasi dan desiminasi digelar Bagian Hukum Setda Kab Brebes. Kabag Hukum Setda Brebes Suhintoro SH menjelaskan, kegiatan ini di ikuti 260 dan 10 tahanan wanita.(Hid_PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih