Sunday, April 19, 2015

Camat Tanjung Agung Ekpedisi ke Air Terjun Lemutu Pagar Dewa

Foto : Aldo/platmerah.co.id
Tampak keindahan air terjun Lemutu dari jarak dekat
"Air Terjun Lemutu Butuh Sentuhan"‎

Platmerah | Tanjung Agung,SUMSEL - Adanya informasi masyarakat, bahwa di Desa Pagar Dewa Kecamatan Tanjung Agung,Kabupaten Muara Enim, terdapat air terjun yang sangat menawan. Membuat Drs. Rahmat Noviar MSi, camat setempat tergerak ingin melihat sendiri lokasi air terjun itu. Ia bersama jajarannya dan kelompok pecinta alam setempat mengadakan ekspedisi bersama ke lokasi air terjun Lemutu yang berada di sekitar hutan Desa Pagar Dewa.

Kegiatan ekspedisi tersebut dilaksanakan pada awal pekan ini, dengan berjalan kaki sepanjang 7 kilometer dari titik nol Desa Pagar Dewa Kecamatan Tanjung Agung. Camat Tanjung Agung bersama rombongan pecinta alam menempuh waktu sekitar 1 jam dengan berjalan kaki. Sebab, akses jalan menuju lokasi air terjun masih sangat sulit dilalui kendaraan roda dua dan roda empat. Meski begitu rasa penasaran dapat terbayar lunas ketika tiba di lokasi air terjun Lemutu tersebut.

"Memang indah sekali, seperti foto yang pernah ditunjukkan kepada saya beberapa waktu lalu. Tidak kalah dengan air terjun yang sudah ada yakni  Cuhup Tenang Bedegung,"ungkap Rahmat kepada media online platmerah, Jumat (14/4).

Sebagai salah satu lokasi wisata baru di Kecamatan Tanjung Agung, air terjun Lemutu ini kedepan akan dikelola secara maksimal. Sehingga akan menambah jumlah obyek wisata alam andalan di Kabupaten Muara Enim,Sumatera Selatan. Serta ikut menambah pemasukan asli daerah. Imbuh dia, sampai saat ini pengelolaan air terjun yang terletak di Desa Pagar Dewa ini memang masih dilakukan secara swadaya, oleh penduduk desa setempat melalui pemerintah Desa Pagar Dewa.

"Masih dikelola oleh penduduk setempat. Jangan sungkan-sungkan masyarakat datang ke sana. Masyarakat setempat akan bersedia membantu. Bagi warga yang akan datang ke air terjun lemutu, saya himbau untuk mendatangi kades setempat dulu sebelum naik ke air terjun,"tutur Rahmat.

Belum seperti obyek wisata air terjun bedegung yang terlebih dulu di buka dengan fasilitas lengkap. Air terjun Lemutu di Desa Pagar Dewa ini belum ada sama sekali fasilitas pendukung, baik itu lokasi parkir, kamar mandi umum, hingga tempat beristirahat serta akses jalan masuk yang aman dan nyaman untuk di lalui.

"Air terjun ini memang masih baru, tetapi sudah banyak warga yang datang ke sana. Tetapi mereka masih kesulitan akses jalan menuju lokasi, jalan sempit, terjal, naik turun tebing, dan kalau cuaca hujan becek. Kerbau saja susah lewat, hanya bisa dilewati menggunakan motor trill, selain jalan kaki,"katanya.

Ia mengatakan, air terjun lemutu ini memiliki 3 tingkat, yang airnya cukup deras dan tidak pernah kering. Ketingian air terjun tersebut rata-rata sekitar 10 meter dari tiap tingkatnya. Pengunjung yang datang bisa melihat dari dekat lokasi air terjun hingga sampai ke tingkat 3. Tambah dia, pengunjung juga bisa bermain air maupun mandi karena air yang mengalir dari sangat jernih.

"Pokoknya tidak nyesal sampai sana. Meski harus berjuang dulu, berjalan kaki sampai 2 jam, semua capek langsung hilang ketika sampai terus mandi di air terjun,"ujar Rahmat.

Lanjut Rahmat, untuk mempromosikan lokasi wisata baru ini, perlu ada dukungan dari berbagai pihak, baik pemkab Muara Enim, masyarakat setempat, dan stekholder yang ada. Selain akses jalan, ditempat tersebut juga memerlukan fasilitas untuk umum, seperti kamar mandi, tempat istirahat, taman, aula, dan lainnya, seperti yang ada di Obyek Wisata Air terjun Bedegung selama ini.

"Semenjak heboh, sudah banyak warga yang datang kesana untuk melihat keindahan air terjun. Sekali lagi, bagi warga yang kesana, usahakan berangkat pagi, dan jam 2 siang harus sudah turun, karena dilingkungan sekitar masih asli hutan, untuk menganstisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,"pungkasnya. (@ldo-PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih