Sunday, June 8, 2014

HGU Lahan Tiga Desa di Sarolangun Dibebaskan



Platmerahnews.co.id│Sarolangun, Jambi - Berdasarkan Surat Keputusan dari Badan Pertanahan Nasional Bernomor : 72/PTT-HGU/BPN RI /2013 dan diteruskan dengan Surat Kepal Kantor Wilayah Badan Pertanahan Provinsi Jambi bernomor ; 494/16-15/1/2012 tanggal 28 mei 2012 perihal usulan tanah terlantar menyatakan bahwa PT.Jambi Agrowijaya adalah badan hukum yang berkedudukan di Jambi sebagai Pemegang Hak Guna Usaha (HGU) nomor ; 07/Sarolangun-Bangko seluas 11.419,2 Ha. Hal itu membuat tiga desa melakukan Syukuran yaitu Desa Pematang Kabau, Desa Jernih dan Desa Pangkal Bulian.

Kepada Platmerahnews.co.id Hasbibullah Salah Satu Tokoh masyarakat menyampaikan, perjuangan
yang dialami oleh masyarakat dari tiga desa sejak tahun 2007 sampai dengan 2014 berbagai benturan terjadi baik fisik maupun hukum,namun akhirnya berdasarkan keputusan dari BPN Pusat akhirnya tanah yang merupakan milik masyarakat dapat dibebaskan.

“ Perjuang pembangunan perkebunan sawit yang diusulkan sekarang telah dikelola oleh PT.Jambi Agrowijaya dengan pola plasma 75-25 sudah dinikmati warga dengan tiga kali panen, Alhamdulillah kita telah mendapati serta menikmati hak kita dari tanah nenek moyang kita “.Ungkap Hasbibullah salah satu tokoh masyarakat.

Proses panjang yang dijalani oleh masyarakat akhirnya berbuah hasil,sebab hasil dari kebun sawit dalam pola Plasma 75-25  dapat dinikmati oleh masyarakat serta tenaga kerja.padahal proses hokum yang dilalui tergolong sulit mulai dari gugatan 5 Desa sampai akhirnya gugatan dari 3 Desa.memang proses panjang telah berbuah manis,namun kewaspadaan perlu selalu ditingkatkan.

“ Kita jangan sampai mau terprovokasi dari pihak-pihak yang tidak menginginkan kedamaian dan keberhasilan kita menikmati hak dari tanah warisan nenek moyang kita,semoga kekompakan dari tiga Desa ini semakin solid dan tidak dapat tergoyahkan.kuncinya adalah koordinasi,agak kekompakan dapat bertahan demi masa depan anak cucu kita “. Ungkap A.ghani K. Salah satu Kades dari Tiga Desa yang melakukan syukuran. 

Reporter: Nal – Platmerahnews.com

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih