Thursday, June 26, 2014

Bupati Muara Enim Resmikan Masjid Nuruliman Talang Jawa

.Bupati Muara Enim Ir.H.Muzakir SS Memukul Beduk Tanda Peresmian Penggunaan Masjid Nuruliman

 
“Kembali Sumbang 25 Juta, Untuk Perbaikan Kamar Mandi dan Tempat Wudhu”
 
platmerah.co.id I Tanjung Enim,SUMSEL – Bupati Muara Enim Ir.H. Muzakir Sai Sohar, baru-baru ini Meresmikan penggunaan masjid Nuruliman Talang Jawa,Tanjung Enim,Kabupaten Muara Enim. Acara yang juga di kemas dalam peringatan (PHBI) Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1435 H itu, berlangsung sangat meriah dan menghibur segenap tamu undangan yang hadir. Acara peresmian masjid tersebut, di buka terlebih dahulu dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, yang kumandangkan oleh qori cilik Alprido, santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Darussa’ddah Muara Enim,yang kemudian di lanjutkan dengan sambutan dan laporan ketua panitia pembangunan masjid Nuruliman Syukriyanto. Dalam sambutannya Syukriyanto menyampaikan awal mula dimulainya proses pembangunan masjid Nuruliman sejak 20 November 2010 silam, dengan pertimbangan bangunan masjid yang lama untuk kapasitasnya tidak bisa lagi untuk menampung jemaah pada waktu pelaksanaan sholat jumat dan pelaksanaan sholat hari besar Islam. Adapun total dana yang sudah di habiskan lanjut Syukri, dalam pembangunan masjid mencapai Rp.982.339.000 (Sembilan Ratus Delapan Puluh Dua Juta Tiga Ratus Tiga Puluh Sembilan Ribu Rupiah), dengan sumber dana yang di dapat dengan rincian, Kas Masjid Nuruliman Rp.17.000.000,-Sumber Pemda Muara Enim Rp.17.000.000,-Sumbangan pribadi dari Bupati Muara Enim Rp.100.000.000,-Sumbangan dari PT.Bukit Asam (Persero) Rp.456.000.000,- dan Sumbangan dari pihak masyarakat dan infak sebesar Rp.392.339.000,-.
 
 “Rencana awal penyelesaian untuk melaksanakan Pembangunan Masjid Nuruliman Talang Jawa diperkirakan oleh panitia akan selesai selama 2 (dua) tahun yaitu pada bulan Januari 2013. Namun sehubungan dengan adanya kendala di lapangan, terutama masalah dana dan adanya kenaikan harga material bangunan serta adanya kenaikan upah tukang maka penyelesaian pekerjaan pembangunan Masjid Nuruliman hanya mencapai 95 % dari rencana. Meski walaupun pembangunan sudah selesai secara fisik, namun masih ada beberapa bangunan sarana yang belum sempurna seperti perbaikan kamar mandi dan tempat wudhu,dengan total Rp.25.000.000,-kemudian pagar pembatas lantai II sebesar Rp.35.000.000,-Pemasangan Paving blok u/area parkir dengan total Rp.70.000.000,- dan pembuatan pagar luar dan gapura sebesar Rp.70.000.000,- dengan total keseluruhan Rp.200.000.000,”jelas Syukriyanto mengakhiri laporan pertanggungjawabannya selaku ketua panitia, sembari mengajak tamu undangan untuk membacakan Syuratul Fatiha untuk Almarhum Zukma Raden Inci bin Abdul Aziz,salah seorang panitia yang sangat gigih dalam pengumpulan dana pembangunan masjid, yang telah meninggal dunia lebih dulu sekitar tahun 2013 yang lalu.
 
Sementara itu, Bupati Muara Enim Ir.H.Muzakir Sai Sohar, dalam sambutan mengatakan,dirinya sangat mendukung sekali setiap ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya kegiatan keagamaan yang di selenggarakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Muara Enim. Karena menurutnya hal ini sesuai dengan visi Kabupaten Muara Enim yaitu Smas (Sehat,Mandiri,Agamis dan Sejahtera).
 
“Ya meski kaki saya lagi sakit, tapi alhamdulillah fisik saya masih kuat untuk dapat hadir memenuhi undangan dari panitia. Tadi saya dengar laporan dari panitia, bahwa masjid ini meski sudah selesai proses pembangunannya,namun masih ada kekurangan di sana sini seperti sarana tempat air wudhu dan WC, maka dari itu saya akan bantu lagi uang sebesar Rp.25 juta, tetapi saya berikan atas nama Alm.Sukmaraden,”ucap Muzakir, yang langsung di sambut tepuk tangan oleh ratusan undangan yang hadir.
 
Usai memberikan sambutannya,Muzakir lalu meresmikan penggunaan masjid Nuruliman, dengan di tandai pumukulan beduk dan  dilanjutkan penandatanganan prasasti masjid Nuruliman,serta foto bersama.
 
Sedangkan, Ustad.H.Taufik Hidayat S.ag (Pimpinan Ponpes Darussa’dah Muara Enim), sebelum memulai ceramah nya dalam peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW 1435 Hijriah, terlebih dahulu mempersilahkan santri-santri ciliknya untuk tampil dan bergantian memberikan kultum singkat di hadapan Bupati Muara Enim dan segenap tamu undangan yang hadir. Lalu setelah itu, barulah ia menyampaikan isi materi ceramahnya,yang berkenaan dengan Isra & Mi’raj.
 
“Pak Bupati, sebelumnya kami sampaikan, bahwa sengaja kami bawa/ajak santri-santri kami di majelis ini, tentu sekalian untuk pengenalan dan unjuk kebolehan serta untuk membuktikan dengan apa yang sudah santri-santri kami dapatkan pelajaran, selama mereka mondok dan menuntut ilmu agama di pesantren darussa’adah. Bapak-bapak,Ibu-ibu dan hadirin yang di mulyakan Allah, Satu hal yang paling utama dalam peringatan Isra Mi’raj ini, yaitu marilah kita tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan sebagai momentum untuk mengenang jasa-jasa baginda rasul nabi besar Muhammad SAW, dalam memperjuangkan umat Muslim untuk menuju jalan kebaikan yang diridhoi oleh Allah SWT, Yaitu dengan cara meningkatkan rasa taqwa kita terhadap Allah SWT,” Ucap Ustad Taufik dengan nada lantang, dengan dialeg bahasa daerah (dusun) yang kental, di sertai dengan jurus-jurus lucu yang memukai hadiri dan mudah untuk di cerna.
 
Berdasarkan pantauan langsung wartawan media on line platmerah dilokasi acara, tampak ratusan undangan hadir memenuhi  ruang dalam masjid maupun di luar halaman masjid Nuruliman,yang memang di sediakan tenda dan panggung utama. Di tengah acara undangan juga di hibur oleh Penampilan Groub Marawis Anak-anak dari Langgar Al-Hijrah Talang Jawa,serta Groub Marawis dari Pondok Pesantren Salafiyah Assari’ah Ess Tanjung Enim.
 
Hadir dalam acara tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim dari Dapil V (Kec.Lawang Kidul,Tanjung Agung,SDT,SDL,SDU),Dwi Windarti SH MH, Camat Lawang Kidul, Drs Asarli Manuddin M.si, beserta Unsur Trifika Kecamatan,RT/RW,Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan Pemuda, serta Ibu-ibu pengajian dan majelis Taqlim,dan segenap undangan lainnya. (@ldo-PM)
 

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih