Saturday, June 28, 2014

Drama Adu Pinalti,Bazil Berhasil Taklukan Chile

Belo Horizonte – Brasil akhirnya mampu menang atas Cile lewat babak adu penalti dengan skor 3-2. Cile gagal manfaatkan kesempatan terakhir ketika tendangan dari Gonzalo Jara membentur mistar gawang.

Pertandingan yang berlangsung di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Sabtu malam (28/6/14) WIB itu berakhir dengan skor 3-2 lewat babak adu penalti. Awalnya, Brasil membuka skor lewat gol David Luiz di menit ke-18. Alexis Sanchez berhasil bawa Cile menyamakan kedudukan di menit ke-31. Usai turun minum, kedua tim tidak mampu mencetak gol lagi dan masih bermain imbang 1-1.

Pertandingan harus dilanjutkan ke babak extra time. Dua kali 15 menit sudah dimainkan, Brasil dan Cile tetap tidak ada yang berhasil mencetak gol hingga pertandingan terpaksa harus dilanjutka ke babak adu penalti. Tiga dari lima penendang penalti Brasil berhasil menuntaskan misinya dan mengalahkan Cile yang hanya mampu mencetak gol dari dua pemainnya.

Atas hasil ini, Brasil melanjutkan langkah ke babak perempat final Piala Dunia 2014. Lawan Brasil di pertandingan berikutnya akan ditentukan dari pemenang laga Kolombia kontra Uruguay (29/6).

Pelatih Luiz Felipe Scolari memilih formasi 4-5-1. Tidak ada perubahan yang signifikan dalam pertandingan ini, kecuali posisi Paulinho yang digantikan oleh Fernandinho, Sementara di lini depan,  Fred akan di topang dengan pergerakan dari sisi sayap yang diperankan oleh Hulk dan Neymar.

Di kubu CIle, pelatih Jorge Sampaoli menggunakan formasi 4-4-2. Cile menurunkan tim terkuatnya, termasuk di lini tengah ada Arturo Vidal yang akan membantu Alexis Sanchez dan Eduardo Vargas di barisan depan Cile.

Jalannya pertandingan:

Babak pertama baru berjalan lima menit, Brasil memiliki kesempatan lewat Marcelo. Memanfaatkan antisipasi bola dari sepakan pojok Brasil, bola jatuh ke luar kotak penalti, dengan sedikit gerak tipu Marcelo langsung melepaskan bola dengan kaki kirinya, namun masih memelbar tipis di kanan gawang Cile.

Di menit ke-18, Brasil akhirnya membuka keunngulan lebih dulu. Berawal dari tendangan sudut yang dilepaskan oleh Neymar, langsung disundul oleh Thiago Silva hingga kemudian David Luiz menyambarnya dengan sebuah sontekan di depan gawang Cile. 1-0 Brasil unggul atas Cile.

Berselang tujuh menit, akselarasi neymar dari tengah lapangan mampu menusuk ke pertahanan Cile. Kaki kirinya melepaskan bola dari dalam kotak penalti, sayang bola masih belum mengarah tepat ke target.

Menit ke-31 Cile mampu menyamakan kedudukan. Eduardo Vargas berhasil mengirim umpan dengan cermat ke Alexis Sanchez yang berada dalam kotak penalti. Tidak di sia-siakan, kaki kanannya mampu mengirim bola masuk ke gawang Brasil.  1-1 kedudukan imbang antara Brasil dan Cile.

Brasil berusaha mencari sebuah gol lagi untuk mengungguli Cile. Memulai serangan dengan diawali dari Neymar, bola di opera ke Dani Alves. Kaki kanannya langsung menendangn bola dari jarak yang sangat jauh dan bol masih melambung tipis di atas mistar gawang Cile yang dijaga oleh Claudio Bravo.

Sebelum babak pertama berakhir, Brasil masih memberikan ancaman. Umpan silang yang dikirim oleh Neymar langsung diekseskusi dengan sebuah sundulan dari Fred, tapi bola masih melebar dari gawang CIle.

Hingga turun minum, Cile mampu tahan imbang Brasil dengan skor 1-1.

Empat menit babak kedua baru berjalan, Brasil langsung mengamcam gawang Cile. Sepakan kaki kanan Fernandinho dari luar kotak penalti masih melebar setelah  menerima umpan dari Marcelo.

Di menit ke-55 Brasil bisa kembali ungguli Cile andai gol dari Hulk tidak dianulir oleh wasit karena menyentuh tangan.

Delapan menit berselang, Cile memiliki kesempatan emas lewat Charles Aranguiz. Menerima operan dari Isla, Aranguiz menendangn bola engan kaki kiri dari dalam kotak penalti Brasil, beruntung Julio Cesar dengan sigap menepis bola tersebut.

Menit ke-76, gawang Cile berada di dalam ancaman. Luiz Gustavo mengirim bola ke Hulk, tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih melebar tipis dari gawang Cile.

Empat menit kemudian, Brasil kembali menyerang. Alves melepaskan umpan dari sisi kiri pertahanan Cile langsung menuju kotak penalti dan disundul oleh Neymar akan tetapi Bravo dengan gemilang berhasil menangkap bola tersebut.

Kali ini penyerangan Brasil dimulai dari kaki Ramires yang mengoper bola ke Hulk, namun tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti masih berhasil ditepis oleh kiper Cile.

Sebelum 90 menit pertandingan berakhir, Cile mampu menebar sebuah ancaman. Operan dari Silba berhasil diterima oleh Aranguiz, sayang tedangan kaki kanannya dari luar koatk penalti masih belum menemui sasaran.

Hingga babak kedua berakhir, kedua tim masih bermain imbang 1-1.

Kedua tim kembali memulai pertandingan di babak tambahan dua kali 15 menit. Lima menit berjalan, Cile memiliki kesempatan lebih dulu melalui sebuah tendangan bebas. Bola yang dieksekusi oleh Marcelo Diaz tersebut ternyata masih bergerak tipis di sisi kiri gawang Brasil.

Di menit ke-101, Oscar yang menerima umpan silang dari Hulk, masih gagal mengarahkan bola dengan sundulannya ke gawang Cile.

Pertandingan dilanjutkan hingga babak tambahan 15 menit kedua. Di menit ke-111, Pinilla mengancam gawang Brasil dengan tembakan kaki kananya dari luar kotak penalti setelah menerima umpan dari Silva, sayang tendangan tersebut masih menyamping di kiri gawang Brasil.

Menit ke-120 Cile nyaris unggul andai saja tendangan kaki kanan Pinilla setelah menerima bola dari Sanchez tidak dihalau oleh mistar gawang Brasil.

Sebelum tambahan babak kedua injury time berakhir, Ramires menerima operan dari Willian dan langsung melepaskan bola dengan kaki kanannya dari luar kotak penalti, masih tipis di sisi kanan gawang Cile.

Hingga 120 menit, kedua tim tetap bermain imbang 1-1 dan pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Brasil:

David Luiz - Gol

Willian - Tidak Gol

Marcelo - Gol

Hulk - Tidak Gol

Neymar - Gol 

Cile:

Pinilla - Tidak Gol

Sanchez - Tidak Gol

Aranguiz - Gol

Diaz - Gol

Jara – Tidak Gol

Brasil akhirnya mampu lolos ke babak berikutnya setelah memenangkan pertandingan ini lewat adu penati dengan skor 3-2 atas Cile.    (Ini)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih