Monday, March 30, 2015

Puluhan Karyawan PT MHP Muara Enim Berunjuk Rasa

Foto : Aldo/platmerah.co.id
"Minta dibatalkan PHK oleh perusahaan"

Platmerah | Muara Enim, SUMSEL
- Puluhan Karyawan PT Musi Hutan Persada (MHP) yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Demokrasi Seluruh Indonesia (FSBDSI) melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang PT MHP yang ada di Jalan Raya PT TEL Desa Tebat Agung, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muaraenim,Sumatera Selatan, Senin siang hingga menjelang sore kemarin (30/3).

Dari pantauan langsung media online platmerah,  di lokasi aksi unjuk rasa ini dilakukan oleh Karyawan PT MHP terkait adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang di lakukan PT MHP terhadap 8 orang karyawan yang diduga dilakukan secara sepihak oleh PT MHP.

Seperti yang dikatakan oleh Pimpinan Basis FSBDSI PT MHP, Sisyadi, mengatakan kedatangan pihaknya di PT MHP ini untuk mengajukan tuntutan diantaranya menuntut untuk membatalkan Surat Pernyataan yang harus ditanda tangani setiap karyawan yang diduga ada unsur interpensi dari perusahaan, yang kedua meminta perusahaan untuk membatalkan PHK terhadap karyawan yang sudah di PHK oleh perusahaan.

" Selanjutnya Batalkan PHK dengan alasan PKWT berakhir,Batalkan juga Mutasi yang di lakukan oleh perusahaan kepada karyawan yang bersifat intimidasi,perbaiki struktur upah,dan waktu lembur atau jam kelebihan kerja serta tindak oknum-oknum yang melakukan diskirminasi,intimidasi terhadap anggota atau pengurus FSBDSI," terangnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan,unjuk rasa ini berlangsung tertib dan mendapat pengawalan penuh oleh Petugas Kepolisian dari Polres Muaraenim,tak lama berselang perwakilan FSBDSI di terima pihak managemen PT MHP.

GM Pengamanan Hutan Sosial (PHS) PT MHP,Aminullah saat menerima perwakilan pengunjuk rasa mengatakan alasan pihaknya melakukan PHK terhadap sejumlah karyawan sebagai upaya efisiensi penyelamatan perusahaan dari kebangkrutan.

Ia menerangkan, beberapa tahun ini perusahaan sedang mengalami kerugian besar dan hal itu berdasarkan audit 2012,2013 dan 2014. Untuk itulah lanjut dia, perusahaan bersama-sama dengan Serikat yakni Serikat Pekerja Sektor Kehutanan serta Serikat Buruh Bersatu Muaraenim, yang sebelumnya  ada FSBDI pada tahun 2012 mengambil kesepakatan,dan pihaknya menyakini salah satu upaya untuk menyelamatkan perusahaan dari kebangkrutan yakni salah satu caranya dengan melakukan efisiensi atau pengurangan karyawan.

Dikatakannya sejak 2012 perusahaan menarget melakukan pengurang karyawan sebanyak 822 orang.

" Hingga saat ini yang harus di kurangi sampai sekarang sudah ada sekitar 758 karyawan yang kita kurangi dan kita perkirakan sisanya sekitar 2-3 bulan kedepan lagi," katanya.

Ia juga menambahkan untuk tahun ini saja,pihaknya sudah mengalami kerugian sekitar 300 Milyar.

"Makanya bagaimanapun kita harus melakukan berbagai upaya penyelamatan agar perusahaan ini tidak jatuh. Saya katakan kalau PT MHP ini sehat, tidak akan ada kayu dari palembang untuk mengisi pasokan PT TEL,karena persolan yang kita hadapi saat ini sangat komplek mulai dari perambahan lahan,pencurian kayu sehingga kita harus melakukan upaya efisiensi ini." Terangnya.

Ia juga mengatakan terkait unjuk rasa yang dilakukan hari ini, semuanya ia serahkan kepada FSBDSI.

"Kami tidak bisa mengubah keputusan apapun, jika pihak FSBDSI kurang puas, silahkan lanjutkan di ranah hukum. Kalau mau berdebat masalah hukum sebenarnya ini bukanlah aksi mogok, melainkan aksi unjuk rasa. Kalau ini aksi mogok, mogok ini tidak syah atau ilegal, karena tidak ada izin dari disnaker. Karyawan yang terlibat dan ikut aksi ini berarti sudah melakukan bolos, dan kami sebagai pihak perusahaan berhak untuk memberi sanksi," tegasnya.

Di tambahkan Manager CSR PT MHP, Nandik Suparyono didampingi Kabag Humas, Erwin Donovan mengatakan bahwa terkait hal ini pihaknya dalam melakukan PHK terhadap karyawan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Bahkan sebelum mereka,itu banyak karyawan sendiri yang memilih dan mengajukan mundur ke perusahaan dan mereka kita beri pesangon sesuai dengan hak mereka," tandasnya.(@ldo-PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih