Tuesday, March 24, 2015

Bupati Brebes: Stop Kerusakan Lahan Dan Hutan Sekarang!


Plat Merah | Brebes, Jateng -  Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE mengajak masyarakat untuk ikut berperan serta dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. Hal ini disampaikan Bupati Idza dalam memimpin upacara peringatan Hari Satuan Polisi Pamong Praja ke-65, Satuan Perlindungan Masyarakat ke-53 dan Pemadam Kebakaran yang ke-96 Tahun 2015.

“Stop Kerusakan lahan dan hutan sekarang juga”, tegas Idza.Menurutnya, kerusakan lahan dan hutan akibat kebakaran juga ikut  menjadi faktor pemicu perubahan iklim yang salah satu dampaknya adalah naiknya suhu permukaan bumi yang berakibat pada terjadinya kekeringan, dan memicu semakin meningginya kejadian kebakaran.

Selain itu, dengan terus berkurangnya lahan, padatnya kegiatan pembangunan dan penduduk yang pada akhirnya menimbulkan masalah semakin tingginya tekanan dan kerusakan lingkungan hidup.Untuk penyelenggaraan sub urusan kebakaran, peran institusi pemadam kebakaran sangatlah strategis

Hal ini mengingat tugas dan fungsi pemadam kebakaran yang sangat berat, yang dikenal dengan sebutan panca dharma, yaitu pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan jiwa dan harta benda, pemberdayaan komunitas sukarelawan pemadam kebakaran, penangan kebakaran bahan berbahaya dan beracun.

Melihat tugas dan fungsi serta beban kerja tanggungjawab pemadam kebakaran yang sangat berat sudah seharusnya kita hargai dengan sungguh-sungguh.  Setiap hari mereka harus siaga dalam 24 jam Siap siaga kebakaran tanpa mengenal hari libur, pantang menyerah dan pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya demi penyelamatan korban kebakaran dan bencana.Untuk membantu meringankan beban dan tugas para anggota pemadam kebakaran ini, mari kita baik masyarakat, swasta  dan jajaran pemerintah agar bersama-sama memperhatikan dengan sungguh-sungguh melakukan pencegahan, pengendalian dan pemadaman dini kebakaran pemukiman, hutan dan lahan terutama melakukan tindakan pelarangan pembakaran hutan dan lahan.

Untuk itu, diadakan sidak dan pengawasan terhadap kewajiban perusahaan agar memiliki / menempati gedung dengan fasilitas, sarana dan prasarana pengendalian kebakaran.Dalam kesempatan itu, Bupati menyerahkan kunci mobil Brandweer dan surat tugas kepada UPT Pemadam Kebakaran Bumiayu dan Brebes yang baru.(Hid_PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih