Thursday, March 19, 2015

Desa Citimun Terima Bantuan Rutilahu

Ket: Kepala desa Citimun (tengah) dan Dede Suryadi (ketiga dari kanan)
bersama Kusnadi Kaur Ekbang (paling kanan) 
Plat Merah | Sumedang, JABAR - Desa Citimun Kec. Cimalaka, Kab Sumedang yang memiliki 3 dusun, yaitu dusun Ciseda, Citimun, dan Suktani tahun 2014 mendapat bantuan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Gubernur Jawa Barat sebanyak 20 unit.

Dadan, A.Md, kepala desa Citimun saat ditemui awak media Plat Merah di kantor desanya mengatakan, selama dirinya menjabat kepala desa dari tahun 2006 sampai sekarang, selain menerima bantuan Rutilahu,

"Desa Citimun juga menerima dana Sapras pada tahun 2012 dan tahun 2013," kata Dadan, Rabu (18/3/2015).

Di samping itu, Dadan mengakui desanya menerima banyak bantuan lain diantaranya dari Disbudpar Kab. Sumedang berupa seperangkat alat kesenian degung pada Januari 2014.

"Kami juga menerima dua paket sound system dari PIK (pagu edukatif kewilayahan) kabupaten Sumedang tahun 2012. Sedangkan sound system dari Disbudpar pada bulan Juni 2014," katanya.

Bantuan lain, kata Dadang yang merupakan suami dari Ny. Ai Kurnia dan ayah dari Andi dan Hanah menyebutkan, dari Disbudpar Kab. Sumedang berupa 1 set lapangan tenis meja pada bulan Desember tahun 2014.

Lanjut Dadan, dari dinas koperasi Kab. Sumedang memberikan bantuan alat produksi UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk pembuatan keripik singkong dan ubi jalar, pada tahun 2014.

Bantuan dari masyarakat (putera daerah), ujar Dadan, yang merantau di Bandung untuk desa Citimun berupa rehab 3 mesjid yaitu Mesjid Miftahul Jannah di RT 02 RW 05, Mesjid Al-Barokah di RT 01 RW 04, dan Mesjid Nurul Ikhlas di RT 02 RW 03.

"Bantuan untuk mesjid dari Haji Uju di Bandung," ungkapnya.

Pada tahun 2011 dan tahun 2014, Desa Citimun yang memiliki 25 RT dan 8 RW dengan jumlah penduduk 6824 jiwa menerima bantuan dana P2IP (Program Pembangunan Infrastruktur Pedesaan) untuk pembangunan jalan desa.

"Desa kami menerima dana P2IP sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2011 dan 2014," jelasnya.

Bantuan lainnya untu desa Citimun, lanjut Dadan, berupa dana PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat) sebanyak tiga kali untuk pembuatan TPT (tembok penahan tanah) yang berada di dusun Ciseda sepanjang 95 meter dan 200 meter.

"Sedangkan di dusun Citimun sepanjang 120 meter," tandasnya.

Dede Suryadi, warga dusun Citimun selaku penerima bantuan Rutilahhu mewakili penerima yang lainnya mengungkapkan kebahagiaannya serta mengucapkan terima kasih kepada kepala desa Citimun dan jajarannya atas bantuan yang ia terima. (Rusmana) 

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih