Monday, March 23, 2015

Pantai Timur Desa Nyiur Indah Selipan Potensi Wisata Kec. Takabonerate

Plat Merah | Selayar, SULSEL - Waktu sepekan serasa tidak cukup untuk menyusuri keragaman sumberdaya alam dan potensi wisata terpendam di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan yang terdiri dari sembilan dusun dan tiga desa daratan dengan sepertiga wilayahnya yang dikelilingi oleh bentangan pantai berpasir putih, bercirikan pohon nyiur melambai.
Pantai timur, Desa Nyiur Indah merupakan salah satu spot wisata bahari yang sudah sekian lama dieluh-eluhkan oleh masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Takabonerate untuk dijadikan sebagai lokasi kawasan pengembangan destinasi wisata terpadu.
Konsep pembangunan tambatan perahu dari bibir pantai timur, Desa Nyiur Indah menuju ke kawasan Pulau Tanah Manyu’pun telah didesign sebagai kerangka acuan dalam mengembangkan kawasan Pulau Tanah Manyu’. 
Sebuah pulau mungil menyerupai gundukan pasir laut yang dikelilingi oleh tumbuhan tanaman bakau. Lokasi Pulau Tanah Manyu’ berada tepat di depan pantai timur Desa Nyiur Indah yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih mirip danau di tepi pantai dengan balutan pepohonan hijau nan asri yang tumbuh diatas batu-batu tajam bergerigi.
Deretan tanaman pohon jagung milik warga petani yang memadati area perkebunan di sepanjang perbatasan Desa Batang dan Kampung Timur, Desa Nyiur Indah seolah memancarkan kesejukan dan ketenangan suasana alam tersendiri.
Hamparan pantai berpasir putih dengan daya dukung pesona deretan pohon nyiur melambai yang tumbuh rapi di sepanjang perbatasan Desa Batang dan Kampung Timur menjadi salah satu alasan kuat bagi Pemerintah Kecamatan Takabonerate yang nekad menyulap dan menjadikan pantai ini sebagai lokasi pengembangan destinasi kawasan wisata terpadu terutama dalam rangka untuk mendukung posisi keberadaan kawasan Taman Laut Nasional Takabonerate di Pulau Tinabo yang merupakan Taman Laut Nasional pemilik karang atoll terbesar ketiga di dunia. 
Harapan dan keinginan Pemerintah Kecamatan Takabonerate ‘ditangkap’ oleh salah seorang pengusaha tambak swasta yang ikut melirik kawasan Pantai Timur, Desa Nyiur Indah sebagai lokasi pusat pengembangan industri tambak ikan berbasis pariwisata. Kawasan tambak yang dibangun tidak terlalu jauh dari sentra industri pembuatan perahu tradisional dan pabrik es semi permanen ini turut didukung oleh keberadaan sarana-prasarana bangunan tempat peristrahatan berupa home stay, beraksitektur rumah panggung dengan latar belakang panorama pohon kelapa dan perbukitan hijau nan sejuk yang tepat berada di depan bangunan home stay. 
Bangunan lain seperti sarana prasarana saluran pembuangan air dan fasilitas rumah mesin yang berdiri kokoh betul-betul melukiskan suasana alam menggoda yang menyilaukan mata dan menyegarkan pikiran.
Pemandangan deretan perahu nelayan tradisional yang berlabuh di sepanjang bibir pantai dengan latar belakang pemukiman nelayan tradisional, turap pemecah ombak, dan lampu mercusuar menambah keistimewaan pantai yang terletak jauh dari hingar-bingar kehidupan kota ini.
Kesan artistik, terselip diantara eksotika puing-puing perahu, dahan, dan ranting pohon tumbang di tepi pantai ditengah perpaduan warna biru langit. Dengan demikian, pantai ini, patut untuk diperhitungkan dalam program pengembangan kawasan destinasi pariwisata masa depan di tanah air. (fadly syarif)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih