Monday, April 21, 2014

Relokasi Warga Atas Dapur, Sudah Dimulai

Foto : Aldo/Platmerah.co.id (Salah satu warga RT 1 Atas Dapur yang sudah mengkosongkan rumahnya namun belum pemiliknya belum pindah)

“Warga Kesulitan Air Bersih di Tempat Yang Baru”

Platmerah.co.id | Muara Enim,SUMSEL  Warga yang bermukim di Lingkungan Atas Dapur (Asdas) Kelurahan Pasar Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul,Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, sejak beberapa hari ini sudah dilakukan relokasi namun masih bertahap. Namun begitu, ditempat yang baru tersebut warga mengaku kesulitan air bersih. Sehingga tidak sedikit warga yang hanya memindahkan barang-barang saja, namun orangnya masih tinggal ditempat lama.

Selain air bersih, sejumlah warga yang sudah menempati rumah baru di perumahan Bara Lestari Desa Keban Agung itu belum semuanya dipasang aliran listrik. Hanya sebagian saja masyarakat yang sudah mendapatkan aliran listrik dari PLN. Masyarakat mengaku semenjak direlokasi oleh PTBA hidupnya malah menjadi susah, bukannya bertambah sejahtera.

Karyadi, Ketua RT 1 Lingkungan Atas Dapur mengungkapkan, semenjak relokasi dilakukan beberapa waktu lalu, warganya mulai resah dengan kondisi lingkungan di tempat baru. Menurut warga, keadaan rumah baru yang disediakan oleh PT.Bukit Asam (persero) Tbk tersebut belum memenuhi standar kelayakan. Dia menjelaskan, seperti jalan umum yang belum permanen, sehingga setiap hujan menjadi becek, dan cuaca panas berdebu. Selain itu listrik yang belum merata dan air bersih yang tidak mencukupi.

“Sangat belum layak sekali, yang paling vital itu seperti air bersih. Setiap warga hanya dijatah 1 drum saja, itupun bantuan air bersih tidak rutin datang. Sedangkan yang membutuhkan banyak sekali,”ujarnya, (21/4).

Dikatakan, sekarang ini jumlah Kepala Keluarga (KK) diwilayahnya ada sekitar 135 KK. Menurutnya, yang sudah pasti mendapatkan rumah baru sekitar 102 KK. Sedangkan kurangnya masih dalam tahap penyelesaian dari PTBA.

“Warga tidak akan menolak dilakukan relokasi, namun kami semua bisa pindah jika di tempat baru tersebut sudah layak sesuai dengan yang dijanjikan kepada warga kami semua. Namun sekarang ini terkesan kita ini dipindah terpaksa,”katanya.

Sementara itu Kasran (61), salah satu warga RT 1 RW 06 ketika di jumpai wartawan media on line platmerah di sela aktivitas nya membongkar materil rumah lamanya mengatakan, meminta kepada PTBA untuk meningkatkan pelayanan akomodasi pemindahan warga Atas Dapur. Selama ini, akomodasi angkutan barang yang disediakan hanya untuk mengangkut barang-barang yang ada didalam rumah saja. Sedangkan, material bangunan lainnya tidak disediakan angkutan. Jadi, jika warga ingin memindahkan material tersebut harus menanggung biaya sendiri. Selain itu, pelayanan air bersih ditempat baru juga dapat ditingkatkan lagi, sehingga warga bisa meneruskan kehidupan baru dengan nyaman.

“PTBA hanya membantu pengangkutan barang-barang yang ada didalam rumah saja,seperti perabot, sedangkan untuk materil bangunan lama rumahnya tidak di angkut. Kita turuti program PTBA untuk pindah, karena memang di sini udaranya tidak sehat lagi banyak debu galian tambang, Cuma jangan ditambah saro (baca;susah),”keluhnya. (Aldo-PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih