Tuesday, September 9, 2014

Mindset Mahasiswa Harus Dirubah Dari Job Seeker Menjadi Job Creator

Plat Merah | Tegal, Jateng – Prof. Dr. Indrati Rini, SH. MS dalam orasi ilmiahnya mengemukakan bahwa Pemerintah telah mengucurkan program mahasiswa wirausaha pada tahun 2009 untuk dilaksanakan dan dikembangkan oleh perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, tujuannya adalah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan sikap jiwa wirausaha berbasis ilmu dan teknologi (Iptek).
 
“ Oleh karena itu mahasiswa diharap dapat merubah pola pikir (mindset) dari pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta kerja (job creator),” Kata Prof. Dr. Indrati Rini, SH. MS saat kuliah yang berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Pancasakti (UPS) Tegal dengan dihadiri mahasiswa baru tahun 2014-2015, Senin (8/9).
 
Dikatakan, Dengan pola pikir mahasiswa yang berjiwa entrepreneurship maka pastinya mampu menjadi pelaku usaha yang tangguh, mandiri dan sukses dalam menghadapi persaingan global.
 
Perguruan tinggi agar terdorong untuk membentuk kelembagaan yang dapat mendukung program-program kewirausahaan sehingga dapat mengurangi angka pengangguran  para lulusannya. Keberhasilan perguruan tinggi dalam mendorong dan mengaplikasikan pembelajaran kewirausahaan dapat dilihat dari indicator jumlah mahasiswa yang berhasil sebagai wirausaha, terbentuknya model pendidikan kewirausahaan diperguruan tingi, terserapnya pekerja oleh mahasiswa wirausaha, kemandirian mahasiswa hasil wirausaha dan terbentuknya lembaga pengembangan pendidkan kewirausahaan yang tangguh dan mandiri.
 
Lebih lanjut dia mengatakan, Kewirausahaan mahasiswa sebaiknya dilakukan melalui cara pembelajaran deprogram-program studi, penelitian da pengabdian masyarakat sesuai dengan standar nasional pendidikan yang bertujuan untuk memajukan iptek, nilai humaniora serta adanya pembudayaan dan pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan.

“ Tujuan pembudayaan dan pemberdayaan ini, khususnya bagi mahasiswa dapat dilaksanakan melalui kerjasama antar seluruh komponen sivitas akademika. Mahasiswa yang mulai terdorong semangatnya untuk berwirausa seharusnya memahami terlebih dahulu hakekat wirausaha itu sendiri,” Tuturnya.
 
Kuliah umum bertujuan dalam rangka memantapkan kompetensi mahasiswa yang beretos kewirausahaan. Sebelumnya, sebanyak 1.289 mahasiswa baru dilantik secara langsung oleh ketua senat Prof. Dr. Wahyono, SH MS yang ditandai dengan pemberian jas almamater kampus kepada mahasiswa baru diacara sidang terbuka senat mahasiswa UPS Tegal. Sidang terbuka senat UPS Tegal dihadiri Rektor UPS Tegal, Ketua Yayasan Pendidikan Pancasakti (YPP) Tegal, seluruh Dekan fakultas, Para dosen dan mahasiswa baru.
 
Dalam sambutannya, Ketua YPP UPS Tegal H. Imawan Sugiarto mengatakan, dirinya merasa bangga kepada para orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk menempuh pendidikan di kampus UPS Tegal. Dirinya juga menegaskan bahwa kampus UPS Tegal adalah pilihan tepat untuk menimba ilu pengetahuan sehingga nantinya akan mencetak lulusan yang tangguh dan mempunyai jiwa enterpreneurship sejati.(Hid-PM).

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih