Tuesday, September 9, 2014

Jambore Pramuka Kwaran Slawi Digelar Hingga Rabu Mendatang

Plat Merah | Slawi, Jateng - Dalam rangka meningkatkan kemantapan mental, fisik, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan peserta didik dalam bidang Kepramukaan, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Slawi menggelar Perkemahan besar Penggalang dalam bentuk Jambore Ranting (Jamran).  Kegiatan yang dipusatkan dilapangan Desa Dukuhwringin Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal dibuka secara resmi oleh Camat Slawi, Abuseri SIP Senin (8/9). Penyelenggaraan berlangsung hingga Rabu (10/9) mendatang.

Pembukaan Jamran ditandai dengan pelepasan puluhan balon oleh Camat Slawi didampingi anggota Mabiran Slawi. Hadir dalam kesempatan itu, jajaran Mabiran Slawi diantaranya Kapolsek Slawi, Danramil Slawi, Kepala UPTD Dikpora Slawi, Drs Mintoro dan para Kepala SD / MI se Kecamatan Slawi.

Dalam sambutannya, Camat Slawi, Abuseri SIP selaku Ketua Mabiran menuturkan jambore penggalang SD/MI memiliki bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di jajaran SD maupun MI antara lain memantapkan mental dan fisik anak serta melatih untuk mandiri.

“ Gelaran Jambore ranting diharap mampu menjalin kerjasama dan silaturahmi antara siswa dan Pembina di pangkalan Gudep SD/MI di wilayah Kwarran Slawi,” Harapnya.

Ketua Kwarran Slawi, Drs Ahmad Dimyati melalui Ketua Panitia Jamran, Sudirno S.Pd menuturkan, Jambore Ranting (Jamran) diikuti oleh Pramuka Penggalang dari Gugusdepan (Gudep) SD / MI se Kwarran Slawi. Dimana masing - masing pangkalan Gudep mengirimkan 1 regu putra dan 1 regu putri dengan komposisi 12 orang setiap regu.

"Jamran diikuti 41 regu putra dan 41 regu putri se Kwarran Slawi atau setara dengan 936 penggalang," Jelasnya.

Kegiatan Jambore yang yang digelar dalam bentuk perkemahan diisi dengan kegiatan yang bersifat non lomba maupun perlombaan. Kegiatan tersebut antara lain kerohanian, Olahraga, bakti masyarakat, persaudaraan, permainan besar dan bumbung kemanusiaan.

"Kegiatan yang dilombakan antara lain penjelajahan, kaligrafi, pentas seni, pertendaan, dan permainan tradisional,” Ujarnya.
Ditambahkan, kegiatan Jambore bertujuant menanamkan rasa percaya diri, meningkatkan semangat pengabdian pada masyarakat, bangsa dan negara. Jambore juga diharapkan dapat mempertebal budaya kerjasama yang dilandasi dengan pengabdian.

“ Kegiatan mengusung tema Mantapkan Pembentukan Karakter Kaum Muda Melalui Gugus Depan Terakreditasi dan Motto Cerdas, bersatu, mandiri, berkarakter untuk Pramuka Indonesia,” Imbuhnya.(Hid_PM)

No comments:

Post a Comment

Personil Plat Merah

Personil Plat Merah

Text Widget

Mohon Maaf !

Sehubungan Website utama kami www.platmerah.co.id
dan www.beritaplatmerah.com sedang dalam perbaikan sehingga tampilannya belum sempurna,
maka untuk sementara berita-berita ditampung di blog ini.

Terima kasih